Memahami Fitur DSLR Sebelum Merekam Video

Beberapa hal yang harus di perhatin sebelum merekam video pada kamera DSLR, berikut diantaranya:

1. ISO
ISO atau kepekaan sensor, dalam camcoder sering juga di sebut GAIN, untuk kamera foto analog menggunakan film, biasa disebut ASA.
ISO pada DSLR mulai dari 100 sampai 12800 (bisa lebih untuk kamera-kamera terbaru). Ingat, semakin tinggi iso yang kita pakai semakin peka sensor dalam menerima cahaya, untuk pengambilan gambar dengan cahaya yang cukup, pastikan kita hanya menseting iso rendah, hindari memakai iso tinggi, kalau cahaya kurang sebaiknya pakai lampu tambahan.

[Diskusi] .:ALL about DSLR movie tips and tricks:.

Berikut tips dalam penggunaa ISO :

  • gunakan iso 160,320,640, 1250, 2500 untuk hasil video yang lebih baik. untuk seri 550,600, dan 60D dimana native iso nya gak ada iso tersebut,bisa di hack menggunakan Magic Lantern
    [Diskusi] .:ALL about DSLR movie tips and tricks:.

2. SHUTER SPEED
Shuter speed atau kecepatan kamera dalam menangkap gambar. mulai dari 30 sampai 4000. dalam fotografi shuter speed bisa di tahan selama kita mau menggunakan fitur BULB,dan 1/8000 untuk foto sport.

tips: double your frame rate, bila kita merekam dengan kualitas (1920×1080)25p atau 24p (24,9 tepatnya) gunakan shuter speed 50, atau pada saat merekam dengan (1280×720) 50p gunakan shuter speed 100. untuk hasil yang maksimal, dan efek garis garis pada saat melakukan moving..

3. APERTEUR
Disebut juga IRIS dalam camcoder, atau bukaan lensa f/1.2, f/2.8 f/5.6 dsb.. semakin kecil angkanya artinya semakin besar bukaan lensa, artinya lebih banyak menerima cahaya, untuk keadaan low light gunakan lensa dengan bukaan yang besar seperti f/1.2

Spoiler for aperture:

diagram exposure
[Diskusi] .:ALL about DSLR movie tips and tricks:.

4. WHITE BALANCE
white balance ini sebenernya proses kalibrasi warna pada kamera, warna yang ada disekitar kita itu dipengaruhi cahaya, gak seperti mata kita yang auto WB nya belum ada tandingannya. proses whitebalance ini tujuannya untuk menyesuaikan warna putih, oleh sebab itu biasanya WB menggunakan kertas putih, tujuannya pada saat kondisi cahaya yang kuning karena sore,atau ada lampu merah yang dominan, warna putih tersebut di baca putih oleh kamera, dalam fitur WB kamera ada beberapa opsi presetnya yang bisa kita pilih..bandingkan warnanya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *