Beberapa Peralatan Tambahan Kamera DSLR Untuk Videografi Profesional

Jika kamu salah satu yang tertarik untuk membuat video (dokumentasi, film pendek, ataupun presentasi) menggunakan kamera DSLR, berikut ini adalah beberapa peralatan yang patut kamu tambahkan dalam project list.

Dengan tambahan beberapa peralatan ini, bisa dijamin kualitas video (dan audio) DSLR kamu pasti akan meningkat drastis dan kamu pun akan terlihat lebih profesional.

1. Steady Cam/Shoulder Rig

Kamu yang pernah merekam video dengan DSLR ataupun jenis kamera lainnya, hanya menggunakan tangan tanpa alat bantu, tentu mengerti bagaimana susahnya menjaga kamera tidak bergoyang. Fungsi utama alat ini tentu supaya hasil video yang direkam tidak bergoyang dan tetap stabil meski pengguna bergerak kesana kemari saat mengganti sudut pandang perekaman.

2. Slider

Dengan slider kita bisa mendapatkan efek cinematic yang tak bisa didapat dengan tripod. Efek cinematic ini akan membuat hasil video kamu jadi lebih ciamik serta tampak profesional.

3. Tripod

Dengan menggunakan tripod kita bisa mendapatkan hasil gambar yang stabil, tidak bergoyang selain itu penggunaanya pun sangat mudah.

4. Lampu Portable/LED

Menaikkan ISO dalam kondisi kurang cahaya memang akan sangat membantu, tapi ingat dampak utama dari nilai ISO yang besar adalah noise yang akan terasa. Bintik-bintik yang memenuhi seantero layar video tentu akan menurunkan kualitas video yang kamu rekam dan berkesan tidak profesional. Untuk mengakalinya, silakan siapkan lampu LED portable yang mudah dibawa kemana-mana. Tentu jika dalam ruangan dan tersedia tenaga listrik, kamu bisa menggantinya dengan lampu penerangan biasa.

5. Audio Recorder

Sebagian besar kamera DSLR memang sudah menyediakan port untuk jack input (biasanya ukuran 1/4 inch), beberapa kamera bahkan menyediakan port output untuk headphone. Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk menggunakan portable audio recorder atau perekam suara terpisah.

Dengan menggunakan Audio Recorder Device terpisah kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak diberikan built in recoder di kamera.

6. Headphone

Fungsi utama dari alat ini tentu supaya kita bisa memonitor kualitas suara yang direkam, sehingga jika ada yang terasa kurang bisa langsung kita koreksi (direkam lagi).

Intinya, beberapa alat tambahan diatas adalah sebagai penunjang kita dalam membuat film dengan standar professional. Tentunya dengan hasil yang bagus dan sesuai harapan, semangat dan gairah kita dalam membuat film yang kreatif akan semakin bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *