Pentingnya Membuat Tabel Evaluasi Dalam Produksi Film Dokumenter

Hari ini ane share tentang bagaimana pentingnya tabel evaluasi dalam produksi film gan. Buat kalian yang biasa produksi film pasti merasakan pengalaman-pengalaman baru, dan pasti selalu ada yang baru. Misal tentang apa yang sudah kita konsep, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau hal-hal yang tidak terkonsep tapi bisa membumbuhi hasil produksi kita dengan rasa yang berbeda, dan tentunya positif. Menurut ane, hal tersebut diatas memang sangat lumrah dan bahkan pasti terjadi.

Melakukan evaluasi dan diskusi adalah sebuah proses mencapai tujuan, kesempurnaan, dan goal. Oleh karena itu evaluasi harus ada, dengan tujuan ntuk menghindari kesalahan berlanjut, membuat strategi baru yang terbaik dari berbagai alternatif strategis yang ada, meningkatkan efisiensi pekerjaan, biaya, waktu secara general, dan melihat apakah konsep selama ini sudah berjalan dengan baik atai tidak.

Kembali ke konteks awal, evaluasi dalam produksi film dokumenter sangat penting dan manfaat. Beberapa hal yang nanti bisa diperbaiki setelah dievaluasi diantara adalah:

  1. Bila ada catatan khusus dari produser atau editor film terkait hasil shooting/materi editing.
  2. Melihat dan mendiskusikan antara produser/tim dengan Editor atas hasil edit
  3. Melakukan evaluasi tahap akhir dan diskusi dengan penata musik tentang ilustrasi musik yang telah dikonsepkan terlebih dulu pada saat praproduksi.
  4. Melakukan evaluasi dan diskusi jalannya mixing berdasarkan konsep suara yang telah ditentukan pada saat praproduksi.
  5. Konsep gradasi warna yang telah ditentukan bisa selaras dan sesuai.
  6. Biaya produksi, hal ini sangat sering terjadi pembengkakan karena biaya-biaya tak terduga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *