Gurihnya Mujaer Asap Sidoarjo

Mujaer panggang yang bikin kangen rasanya, sejak dulu Sidoarjo terkenal dengan bandeng asap, presto bandeng, dan sambal terasi. Ada satu makanan khas yang jarang terekspos dan diketahui banyak orang, yakni mujaer asap. Jangan sekali-sekali mengaku pernah berkunjung ke kota delta apabila belum mencicipi gurihnya berbagai macam kuliner ikan asap.

Kelezatan ikan asap mujaer asal ini dihasilkan hanya dari ikan segar yang baru ditangkap. Ikan dibudidayakan dengan memperhatikan sirkulasi air yang bagus agar tidak bau tanah.

Tidak hanya itu, untuk menghasilkan ikan asap nan gurih, ikan harus diolah secara tradisional, hanya dengan bahan alam. Perajin ikan asap telah hafal betul syarat itu dan menjaganya demi kesinambungan usaha.

Sentra usaha ikan asap di Sidoarjo tersebar di Kecamatan Sedati, Tanggulangin, dan Jabon. Namun, yang terbesar berada di Desa Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin. Ikan yang diolah pun tidak terbatas mujaer dan bandeng, tetapi hampir semua jenis ikan hasil tangkapan di laut dan budidaya, seperti bader, lele, dan tuna.

Ikan asap sangat laris manis di pasar modern dan pusat penjualan oleh-oleh khas Sidoarjo. Di Bandara Juanda, Surabaya, misalnya, pengunjung dengan mudah menjumpai gerai yang menjual ikan asap.

Semoga cerita ini mampu menginspirasi masyarakat lain agar tak putus menciptakan peluang usaha dan lihai membidik potensi pasar yang berkembang sangat dinamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *